ANALISA FILM 300 SPARTAN


Suatu wilayah atau ruang sangat berkaitan erat dengan kekuatan an kepentingan. Kekuatan dapat diartikan sebagai kekuatan penangkal yang harus siaga dalaam menghadapi kemungknan sekecil apapun, terjadinya pendudukan atas satu bagian kecil dari suatu negara. Keteguhan dan kesungguhan setiap negara atau bangsa untuk mempertahankan setiap jengkal ruang yang berada dalam wilayah kedaulatannya merupakan suatu bukti adanya kaitan antara ruang dengan sifat negara sebagai organisme hidup. Berkurangnya ruang negara oleh berbagai jenis sebab, selalu dikaitkan dengan kehormatan dan kedaulatan negara atau bangsa sehingga tidaklah mengherankan jika tiap negara mempertahankan kehormatan dan kedaulatannya dengan gigih dan konsisten.

Demikian pula dengan raja Leonidas, yang merasa bimbang akan keselamatan dan kebebasan rakyatnya yang semakin terdesak. Maka, ia beserta dengan 300 tentaranya berjuang mati- matian untuk mengekalkan cara hidup dan kebiasaan mereka. Suatu peperangan harus pula diimbangi dengan praktek diplomasi yang baik untuk mendapat dukungan baik dari dalam maupun luar negeri, guna mendapatkan bantuan baik materi maupun non-materi demi tujuan kemenangan dalam perang dan mempertahankan negara dari pendudukan negara atau bangsa lain.

Orang – orang Sparta yang berani, menempatkan diri di Thermophylae dimana tempat itu sangat strategis untuk dipertahankan karena jalan satu- satunya bagi tentara persia untuk menaklukkan Sparta dan Athena. Thermophylae atau Hot Gate perlu dipertahankan supaya tentara darat Yunani memiliki waktu untuk berkumpul dan menyerang balik, juga untuk melindungi angkatan laut Yunani dari serangan darat pada pangkalan laut di Arthemisium, dimana Hot Gate adalah permandian air panas di dekat sebuah desa yang berupa jalan pantai sempit yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat menyusun strategi, karena tempat itu hanya dapat dilalui oleh satu kereta setiap waktunya. Sacara otomatis pasukan musuh tidak dapat masuk secara bersamaan untuk menyerang terkecuali dengan masuk satu per satu, sehingga tentara Sparta dapat menghadapi tentara persia dan menghabisinya dengan mudah.

BacA jUgA iNi



Category:

3 comments:

Anonymous said...

terimakasih atas artikelnya. salam dari solo

Anonymous said...

terimakasih atas artikelnya. salam dari solo

Anonymous said...

terimakasih atas artikelnya. salam dari solo

Post a Comment