PERANAN PBB DALAM POLITIK INTERNASIONAL DEWASA INI


SEBAGAI institusi internasional terbesar, PBB bertugas menjaga stabilitas internasional yang terwujud dalam tiga hal: peningkatan perdamaian; penciptaan perdamaian; dan pemeliharaan perdamaian. Kenyataannya, Dalam kasus yang berkait dengan negara yang memiliki power relatif lemah, peran PBB terlihat amat menonjol dan kuat. Tetapi dalam menghadapi aksi negara kuat, PBB justru sebaliknya, terlihat lemah tidak berdaya.
PBB bukan pemerintahan dunia yang memiliki kedaulatan di atas kedaulatan tiap negara dan hak pelaksanaan koersif atas anggota-anggotanya yang melanggar peraturan yang telah diterapkan. PBB bukan sistem politik yang mampu bertindak sendiri atau menguasai sistem internasional. Efektivitasnya ditentukan oleh kualitas politik dunia dan rasa kebersamaan anggotanya.
benturan kepentingan antar-anggota PBB yang memiliki power kuat kerap terjadi sehingga banyak kebijakan yang gagal karena diveto salah satu anggota tetap Dewan Keamanan, atau tidak begitu efektif karena beberapa negara kuat enggan mendukung, kendati tidak menolaknya. Tidak bisa dipungkiri, realitas politik internasional kerap ditentukan oleh negara-negara besar.

Namun, sekali lagi, dengan segala kelemahan dan kekurangan yang ada, kehadirannya dirasakan lebih banyak memberi kebaikan dan sumbangan bagi perdamaian dan pembenahan sistem internasional untuk lebih baik daripada, misalnya, harus dibubarkan atau ditiadakan

BacA jUgA iNi



Category:

0 comments:

Post a Comment