HEGEMONI MEDIA TERHADAP DOMINASI GLOBAL


Media merupakan segala hal yang mendukung dan memungkinkan kita untuk melaksanakan suatu kegiatan atau untuk mencapai suatu tujuan. Ada berbagai macam media, salah satunya yaitu media komunikasi. Media komunikasi inilah yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan globalisasi.

Perkembangan media seperti telepon genggam, televisi, satelit dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melelui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda. Hilir mudiknya kapal kapal pengangkut barang antar negara menunjukkan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Pasar dan produksi ekonomi di negara negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO). Peingkatan interkasi cultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi,film, music dan transmisi berita dan olahraga internasional). Saat ini kita dapat mengkonsumsi dan memakai serta mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal hal yang melintasi, misalnya pada bidang fashion, literature, dan makanan.

Globalisasi merupakan satu proses untuk meletakkan dunia di bawah satu unit yang sama tanpa dibatasi oleh batas/sekat dan kedudukan geografis sebuah negara. Melalui proses ini, dunia akhirnya tidak lagi mempunyai batas dengan ruang udara dan langit. Sebuah negara itu terbuka luas untuk dimasuki oleh berbagi pengaruh dan hal hal yang disalurkan melalui perantara media komunikasi seperti internet, media elektronik, dan teknologi cyber. Perkembangan ini memungkinkan perhubungan diantara sebuah negara dengan negara yang lain dan pehubungan sesama manusia yang dapat dilakukan dalam waktu yang relative singkat.

Fenomena yang membuat dunia mengecil dari segi perhubungan manusia disebabkan kecepatan perkembangan teknologi. Ketika para cendekiawan barat menafsirkan globalisasi sebagai suatu proses kehidupan yang serba luas dan infinitive merangkum segala aspek kehidupan seperti politik, sosial, ekonomi yang mungkin dirasakan oleh seluruh umat manusia di dunia ini. Ini berarti, segala galanya menjadi milik bersama dalam konsep dunia tanpa batasan batasan.

Dalam era globalisasi ini, dunia semakin diperkecil ruangannya daripada semula. Jika dahulu, dunia ini seluas saujana mata memandang dan dipagari dengan batasan batasan, namun kini itu tidak berlaku lagi. Malah sekarang kita telah dapat merasakan apakah diayang disenut globalisasi itu. Perkembangan teknologi yang pesat merupakan medium utama kepada agenda globalisasi ini. Dunia bukan saja tidak berbatasan geografi tetapi pengaruh globalisasi menjangkau batas ekonomi, teknologi, bahasa, budaya, ideology, politik dan segenap aspek kehidupan sebuah masyarakat.

Kemajuan teknoloogi komunikasi memang telah membuat batas batas dan jarak menjadi hilang dan tak berguna. Ada mitos yang hidup selama ini yang menyatakan bahwa proses globalisasi akan membuat dunia seragam. Proses globaliasi akan menghapus identitas dan jati diri. Kebudayaan local atau etnis akan ditelan oleh kekuatan budaya besar atau kekuatan budaya global. Anggapan dan jalan pikiran di atas tidak sepenuhnya benar. Menurut John Naisbitt (1988), dalam bukunya yang berjudul Global Paraadox ini mengemukakan bahwa semakinkita menjadi universal, tindakan kita semakin kesukuan dan berpikir local, bertindak global. Hal ini dimaksudkan, kita harus mengkonsentrasikan kepada hal hal yang bersifat etnis, yang hanya dimiliki oleh kelompok atau masyarakat itu sendiri sebagai modal pengembangan ke dunia internasional.

Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pndangan negative atau curig terhadapnya. Dari sudutpandang in, globalisasi akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang bidang lain seperti budaya dan agama.

Era globalisasi yang sedang berlaku saat ini pasti akan memberikan peningkatan dan perubahan yang lebih kentara dalam bidang teknologi.Kehidupan manusia di masa yang akan datang akan banyak bergantung kepada teknologi. Teknologi akan menjadi begitu canggih sehingga computer yang ada pada hari ini yang mempunyai sisitem yang akan berubah dengan cepat dan maju. Bill gates (1996), dapat memasarkan aplikasi keluaran Windows ke seluruh dunia. Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada masa ini di seluuh dunia memerlukan tindakan untuk segera meningkatkan pembangunan sumber daya manusia dengan memberi latihan, pengetahuan dan kemahiran tentang teknologi, robotikdsb.

Kehidupan manusia semakin banyak bergantung kepada computer dan terknologi di era globalisasi. Pengetahuan dan kemahiran juga akan berorientasi pada gabungan disiplin teknikal, statistic dan berazaskan computer. Gabungan disiplin ilmu ini akan melengkapi tenaga manusia untuk menghadapi teknologi baru dan yang akan muncul seperti teknologi pembuatan berautomasi, bahan bahan terbaru, bio teknologi, elektronik dan teknologi maklumat. Di samping itu, kegiatan institusi pendidikan dan latihan akan ditumpukan kea rah menghasilkan kemahiran dalam bidang teknologi dan literasi computer. Suatu negara harus menentukan langkah yang bijak untuk persediaan tenaga manusia yang akan menggunakan kemajuan teknologi dalam tugas tugas harian dan juga dalam kehidupan sehari hari di dalam era globalisasi.

Globalisasi berpengaruhterhadap kebudayaan suatu negara. Kebudayaan merupakan cara hidup seharian manusia dalam sebuahmasyarakat atau organisasi. Pada zaman dahulu manusia dalam sebuah masyarakat sanggup berperang karena mempertahankan budaya hidup mereka yang dicemari oleh pihak lain. Sekarang cara hidup manusia hari ini sudah banyak berubah dan menuju globalisasi. Dalam budaya makan, pengaruh globalisasi terlihat dari makanan Jepang yang sudah ada di amerika. Makanan amerika pun semakinpopular di hamper seluruh negara di dunia. Mc Donald Amerika memiliki 10.500 restoran di 50 negara di dunia. Sedangkan kenctucky fried chicken sendiri mempunyai lebih daripada 7750 restoran di 58 negara. Di Indonesia sendiri, makanan makanan amerika sudah dirasakan sebagai hal yang tidak langka lagi dan sudah mendapat perhatian banyak dari masyarakat. Bahkan lama kelamaan, kedudukan dan minat masyarakat akan makanan makanan local bisa tergeser dan berkurang.

Pada dunia fashion, jenis fashion pakaian yang digemari di seluruh dunia adalah seperti keluaran Joan Levi, Fierre Cardin, Yves Saint Laurent, Pakaian Espritdan pakaian Laura Ashley. Sedangkan pada dunia kerja, peusahaan perusahaan yang menonjol di era globalisasi ini merupakan perusahan perusahaan luar. Perusahaan perusahaan tersebut mempekerjakan orang orang dari berbagai negara di dunia. Perusahaan Esprit dimana ketua grafiknya dari Jepang, juru gambar dari Itali, perancangnya dari perancis dan itali.

Pada dunia musik dan hiburan, musik jazz dan disco telah menguasai duia. Tempat hiburan seperti Disney land juga diadakan di negara di luar amerika. Seperti di Jepang dengan panggilan Tokyo Disneyland. Dan di Marne-la-Valle di Paris dengan panggilan Fure Disneyland. Pada budaya bahasa, bahasa inggris adalah alat komunikasi yang paling penting dalam perhubungan secara global. Sekarang terdapat satu billion manusia yang bercakap dalam bahasa inggris dan jumlah tersebuta akan semakin meningkat.

Perkembangan globalisasi masa kini mesti diimbangi oleh pembentukan generasi muda yang berdaya tahan melalui ilmu dan keterampilan berdasarkan beberapa aspek globalisasi yang telah dibicarakan.. dapat dikatakan bahwa dunia hari ini atau di abad ke-21 sedang menghadapi satu perkembangan dan perubahan yang sangat hebat yangbelum pernah terjadi di abad yang lalu. Pengaruh globalisasi terhadap ekonomi, budaya dan teknologi adalah luas dan memiliki kesan baik negative maupun positif. Itu bergantung pada kita, bagaimana menyikapi globalisasi yang dibawa oleh berbagai macam media. Penerimaan terhadap perubahan haruslah dipikirkan dan diterima secara positif dan digunakan untuk kemajuan diri, keluarga, agama, bangsa dan negara.

BacA jUgA iNi



Category:

1 comments:

Blogger said...

If you're looking to lose weight then you absolutely have to try this totally brand new custom keto meal plan diet.

To create this keto diet service, licensed nutritionists, personal trainers, and professional chefs joined together to develop keto meal plans that are effective, decent, cost-efficient, and delightful.

Since their grand opening in January 2019, hundreds of clients have already completely transformed their body and well-being with the benefits a great keto meal plan diet can provide.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan diet.

Post a Comment