APAKAH DOMINASI AS BERDAMPAK NEGATIVE ATAU POSTIF BAGI TATANAN POLINTER?


Menurut saya, dominasi AS berdampak negative. Alasannya, Akibat hegemoni AS, maka politik internasional lebih mengarah kepada politik kekuatan. peristiwa 11 September menjadi faktor signifikan bagi penguatan hegemoni AS, yang dimanifestasikan dalam bentuk kehadiran dan peran global AS dalam pentas politik internasional secara lebih dominan.

pertama, tragedi 11 September juga telah membuka kemungkinan berubahnya
parameter yang gunakan AS dalam menilai sebuah negara. Sekarang ini, AS cenderung lebih hirau kepada masalah terorisme ketimbang isyu demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Akibatnya, telah terjadi pergeseran agenda global dari demokrasi dan HAM menjadi perang.

Kedua, tatanan politik global semakin diperumit oleh ketegangan antara AS dengan negara-negara Islam ataupun negaranegara yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Ketiga, untuk mengantisipasi kemungkinan serangan-serangan teroris di masa
depan, AS juga telah mengadopsi sebuah doktrin baru, yakni doktrin preemption. Melalui doktrin ini, AS secara sepihak memberikan hak kepada dirinya sendiri untuk mengambil tindakan terlebih dahulu, untuk menghancurkan apa yang dipersepsikannya sebagai kemungkinan ancaman terror terhadap kepentingan AS di mana saja. Doktrin preemption tersebut jelas meresahkan banyak negara, dan dapat mengubah tatanan, nilai dan norma-norma hubungan antarnegara secara fundamental. Dalam konteks doktrin preempition dan kecenderungan unilateralis itu, prinsip kedaulatan negara, arti penting dan peran institusi-institusi multilateral seperti PBB dan organisasi regional, serta ketentuan-ketentuan hokum internasional dapat saja diabaikan.

BacA jUgA iNi



Category:

0 comments:

Post a Comment