TOKELAU


Tokelau adalah wilayah di Samudra Pasifik Selatan yang terdiri dari tiga atol koral tropis. Wilayah ini terkadang disebut dengan nama kolonialnya Kepulauan Union. Nama Tokelau berasal dari bahasa Polinesia yang berarti “angin utara”

Profil
 Bahasa resmi : Tokelau, Inggris
 Status politik : Wilayah Selandia Baru
 Kepala negara : Ratu Elizabeth II
 Diwakili oleh : Governor general of New zealand, Anand Satyanand (sejak 23 agustus 2006)
 Administrator : David Payton (sejak 17 october 2006)
 Kepala pemerintahan : Kuresa Nasau (sejak 23 february 2008)
 Bentuk pemerintahan : Monarki konstitusional
 Wilayah
– Total : 10,8 km², 17 kali dari ukuran mal di Washington,DC
 Penduduk (juli 2008) : 1,443 jiwa
 Kepadatan penduduk : 115/km²
 Temperatur harian : 23˚C

3 atol di Tokelau sebagai berikut:
 Fakaofo
Fakaofu ( juga disebut Fakaofo) atau Bowditch Island adalah pulau paling tenggara dari tiga pulau karang dari Tokelau ,berada antar[a] 560 dan 566 mil laut selatan katulistiwa, Pulau kecil dgn tinggi rata-rata sekitar sepuluh kaki. Kebanyakan ditutupi dengan hutan kecil dari pohon kelapa dan semak belukar dan pohon yang rendah, yang memberi pulau yang sangat kecil itu suatu total tingginya dari 70 atau 80 kaki. Ada banyak kadal ekor hijau kecil, dan beberapa dari ukuran lebih besar yang memucat dari sari ke hitam, menurut latar belakang mereka. Serangga adalah berlimpah-limpah, dengan spesies besar capung, dua macam kupu-kupu, ngengat sphinx coklat kemerahan, belalang, jengkerik, kumbang, semut, lalat berkaki panjang, laba-laba, dan, nyamuk.
 Nukunonu
Nukunono ( sekarang dipanggil Nukunonu) atau pulauDuke of Clarence adalah pulau karang tengah dari Tokelau. berada 546 sampai 554 mil laut dari utara katulistiwa, Pulau karang tsb mempunyai suatu area daratan dari 1,350 akre. Kebanyakan dari pulau kecil di sekitarnya ditumbuhi sejumlah hutan kecil dari pohon kelapa semak belukar dan pohon yang rendah. Burung-Burung laut, ketam pertapa, tikus besar dan serangga, sama halnya pada pulau-pulau di Pacific lainnya ; dan di sana hidup keanekragaman laut yang berlimpah-limpah dipesisir batu karang, dan di danau di pinggir laut yang [dangkal/picik], yang berisi batu karang dan kepala karang
 Atafu
Atafu atau Pulau duke of York adalah pulau karang yang terletak di barat daya dari kelompok pulau Tokelau. terletak 513 mil laut dari selatan katulistiwa, Atafu adalah pulau karang yang rendah, berbentuk segi tiga secara garis besar, lebarnya sekitar tiga mil ke utara dan dua setengah mil ke selatan. tinggi daratan dari 12 sampai 15 kaki, tetapi ditumbuhi sejumlah pohon dan pohon kelapa, dan mempunyai area sekitar 550 akre. Pulau dihuni oleh 380 orang ( 1932), semua penduduk asli dari pulau Tokelau.
Sejarah
• Tokelau pertama kali dihuni oleh kaum emigran Polinesia yang berasal dari gugus pulau tetangga.
• 1889 Tokelau ditetapkan sebagai protektorat Britania
• 1916 Tokelau menjadi bagian dari Koloni Britania Kepulauan Gilbert & Ellice
• 1925 Tokelau berada dalam administratif Selandia Baru.
• Tokelau masih berstatus wilayah Selandia Baru menurut UU Tokelau 1948. warga Tokelau sedang menyusun konstitusi dan mengembangkan institusi dan pola pemerintahan sendiri untuk membentuk asosiasi bebas (free association) dengan Selandia Baru. Untuk segala tujuan praktis, rakyat Tokelau sudah memerintah sendiri dan bertanggung jawab atas anggaran, pembuatan hukum, dan pembuatan keputusan administratif sendiri.
Politik
 Monarkinya diwariskan secara turun-temurun, administrator dipilih oleh Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru, dan kepala pemerintahan dipilih dari anggota Dewan Faipule untuk masa jabatan satu tahun.
 Pada 11 November 2004, Tokelau dan Selandia Baru mengambil langkah untuk membentuk sebuah perjanjian yang mengubah status Tokelau dari wilayah Selandia Baru menjadi kawasan berasosiasi bebas dengan Selandia Baru.
Referendum 2007
 Referendum 2007 di Tokelau dilaksanakan tgl 21 sampai 24 oktober. Dari 1500 orang penduduk Tokelau, 800 di antaranya memiliki hak suara. Untuk bisa memiliki pemerintahan sendiri, setidaknya 66 persen dari pemilih harus mendukung usulan. Dalam referendum serupa tahun lalu para pendukung pemerintahan sendiri kekurangan sekitar tiga puluh suara. Selandia Baru telah menawarkan usulan pemindahan kekuasaan, apapun hasil referendum. Dalam usulan tersebut, Warga Tokelau bisa tetap memegang kewarganegaraan Selandia Baru dan mendapatkan dukungan keuangan.
 Hasil dari referendum 2007 tsb, yaitu TOKELAU TETAP MILIK SELANDIA BARU. Tokelau untuk sementara tetap menjadi daerah koloni Selandia Baru. Para pendukung kemerdekaan kepulauan tersebut kekurangan enam belas suara untuk mencapai mayoritas. Ada 800 dari total 1500 penduduk yang memiliki hak suara di kepulauan Tokelau. Hampir tujuh ratusnya menggunakan hak pilihnya.

Pemilu 2008
Semua pemerintahan di tiap pulau di tokelau ditangani oleh pejabat pribumi. Masing-Masing pulau mempunyai suatu hakim ( faipule), suatu walikota ( pulenuku), pemimpin dari polisi dan satu atau dua policemen ( leoleo). Sekitar sekali setahun suatu anggota dari Office/Kantor asli dari Samoa mengunjungi pulau untuk mengindahkan berbagai hal utama. Masing-Masing [desa/kampung] mempunyai suatu dewan ( fono), yang memimpin hakim

Geografi
 Tokelau terdiri dari tiga pulau kecil di Samudra Pasifik Selatan yang merupakan pertengahan antara Hawaii dan Selandia Baru, di rantai taifun Pasifik. Tokelau tidak memiliki pelabuhan atau dermaga.
 Atol-atol koral membentuk ketiga pulau, yaitu Atafu (dulunya Duke of York Group), Nukunonu (dulunya Duke of Clarence Group), and Pulau Fakaofo (atau Bowditch). Total wilayah daratan sebesar 10,8 km2.
 Pulau keempat yang bukan milik Tokelau walaupun secara geografis merupakan bagian dari gugus Tokelau adalah Pulau Swains, bagian dari Samoa Amerika sejak 1935.

Ekonomi
 Mata uang Tokelau adalah Dolar Selandia Baru(NZ$).
 Pendapatan pemerintah Tokelau yang berjumlah €410.000 per tahun tidak mencukupi pengeluaran sekitar €2,3 juta. Defisit itu disubsidi oleh dana bantuan Selandia Baru. Produk ekspor Tokelau senilai €80.000 berupa perangko, kopra, dan kerajinan tangan. Sedangkan produk impor senilai €245.000 berupa makanan, bahan bangunan, dan BBM.
 Industri lokal terdiri dari usaha-usaha kelas kecil seperti produksi kopra, kayu, kerajinan tangan, perangko, koin dan perikanan. Sektor pertanian dan peternakan menghasilkan kelapa, kopra, buah keluak, pepaya, pisang, babi, unggas dan kambing.
 Tokelau juga menambah 10% GDPnya melalui penjualan nama domain .tk
 Ekspor: $ 0 (2002)
 Ekspor partners : new zealand (2002)
 Impor : $969.200 (2002)

Demografi
 Tokelau dihuni oleh sekitar 1.500 penduduk etnik Polinesia yang tersebar di tiga desa. Mereka menggunakan bahasa Tokelau dan Inggris. Keterpencilan dan kurangnya sumber daya sangat memperlambat pengembangan ekonomi dan memojokkan sektor pertanian yang hanya dapat mencukupi kebutuhan hidup petani dan keluarganya (subsistence level). Minimnya sumber daya alam dan tingginya angka kepadatan penduduk menjadi faktor pendorong emigrasi ke Selandia Baru, akibatnya laju pertumbuhan penduduk menurun 0,9% per tahun.
 Di pulau Atafu, seluruh warga merupakan anggota Gereja Kristen Kongregasi Samoa; Di Nukunonu, seluruhnya beragama Katholik Roma; Di Fakaofo, terdapat kedua aliran agama tersebut dengan mayoritas aliran Gereja Kristen Kongregasi.
Keseluruhan proporsi agama di Tokelau adalah: Gereja Kristen Kongregasi 70%, Katolik Roma 28%, lainnya 2%.

PENDIDIKAN
Masing-Masing dari tiga pulau karang mempunyai sekolah modern di bawah administrasi dari departemen pendidikan dari jabatan dalam pemerintahan itu. Bantuan adalah juga datang dari Samoa barat. Pendidikan ada tersedia [bagi/kepada] semua anak-anak antar[a] dari lima dan 18 thn. Sekolah gratis dan kehadiran 100 per sen. Ada kelas pra-sekolah pada setiap [desa/kampung]. perpustakaan Sekolah dipenuhi masyarakat juga.

Ada 43 guru yang berkwalitas di Tokelau dan 13 ajudan guru. Para Guru didukung untuk meningkatkan mutu profesional mereka dan ketrampilan yang akademis melalui kursus korespondensi dan lebih sering dalam pe;atihan pelayanan. sukarelawan VSA tengah menetapkan format 5 program acara ilmu pengetahuan, disediakan dalam pelatiahn pelayanan dan mengembangkan kurikulum sebelum masuk sekolah.

KESEHATAN
Sistem pelayanan kesehatan dioperasikan oleh departemen kesehatan dari jabatan dalam pemerintahan itu. Masing-Masing dari tiga pulau karang mempunyai suatu rumah sakit yang bertalian ke Samoa barat, menyediakan pelayanan kesehatan utama [bagi/kepada] masyarakat [itu]. Masing-Masing rumah sakit sungguh [baik] dilengkapi dengan obat-obatan dan instrumen berhub. dg pembedahan dan medis. Hanya Test laboratorium yg sangat mendasar dapat sistem pelayanan kesehatan yang dapat dilaksanakan. System perawatan kesehatan dioperasikan oleh departemen kesehatan dari jabatan dalam pemerintahan itu.

Perawatan kesehatan dijalankan terpisah dari masing-masing lain dan dari pusat pembelajaran. Ada rencana untuk instalasi dari jasa diagnostik, unit sinar x, suatu laboratorium dan tempat operasi yang ditempatkan pusat, dengan demikian pemusatan jasa dan mengurangi kebutuhan akan keterhantungan terhadap samoa barat.
Departemen kesehatan adalah juga dilibatkan pd pelayanan kesehatan umum . Ada program acara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu persediaan air dan jasa penjagaan kesehatan. Panitia wanita-wanita pada [atas] masing-masing pulau karang dengan aktip mengambil bagian di (dalam) program acara kesehatan ibu dan anak bersama-sama personil medis. Pelatihan ilmu perawatan dikerjakan di (dalam) Samoa barat, Fiji dan Selandia Baru

Infeksi/Peradangan kulit, influensa, gastro-enteritis dan infeksi/peradangan bidang yang berhubung pernapasan bagian atas adalah lazim. utama Penyebab kematian adalah radang paru paru, penyakit jantung dan kanker. Dari perhatian yang utama adalah peningkatan yang cepat atas penyakit yang yang non-communicable- hipertensi, kencing manis, penyakit jantung dan encok. Faktor [yang] mendukung peningkatan ini adalah ketergantungan yang berat/lebat pada [atas] makanan yang diimport dan mengubah lifestyle. Suatu surve1990i yang diungkapkan bahwa 80 per sen dari populasi orang dewasa merokok, 400 botol dari bir saban peminum minuman keras dikonsumsi masing-masing tahun dan masing-masing orang menggunakan 50 kg dari gula tiap tahun. Suatu program acara kesehatan telah dipikirkan untuk menunjukkan permasalahan ini [adalah] menginformasikan masyarakat dari yang resiko perlu untuk dihindarkan.

Masa Kanak-Kanak penyakit seperti pertussis, dipteri. tetanus, penyakit lumpuh dan campak dikendalikan dgn baik melalui/sampai suatu immunisasi program [yang] yang mana [adalah] secara luas diterima oleh populasi [itu]. Kesehatan yang gigi adalah secara umum lemah/miskin, sebagian besar oleh karena perubahan di (dalam) pola yang berkenaan dg aturan makan yang sekarang memusatkan pada makanan took yang disuling dan lebih sedikit makanan yang segar tradisional. Program kesehatan gigi untuk anak-anak sekolah mengajarkan ttg sikat gigi dan toothpastes kepada para siswa.
Angka kelahiran yang kasar adalah 22 per 1000 dan angka kematian kasar 7 per 1000

Isu lingkungan
 Titik yang paling tinggi Tokelau adalah hanya sampai 5 meter di atas permukaan laut. Pantai sedang longsor dan beberapa bagian dari pulau kecil telah dihanyutkan selama badai. Jika tidak bertindak sekarang Tokelau bisa menjadi salah satu [dari] pulau yang pertama tenggelam. Studi mengkonfirmasikan bahwa 57% dari aktivitas yang menyebabkan global warming adalah penggunaan energi dan produksi. Pemerintah Tokelau menguasai suatu Kebijakan Energi Nasional dan Rencana tindakan strategis untuk bekerja ke arah gol yang terakhir dari 100% energi yang dapat diperbaharui untuk Tokelau. Pemerintah telah menetapkan kemampuan dari sistem matahari photovoltaic untuk menyediakan power supply untuk Tokelau.
 Tokelau memiliki sumber daya laut berlimpah-limpah , namun sumber daya daratan nya sangat terbatas.
 Pertumbuhan Populasi bisa berpotensi mnjadi suatu ancaman, namun nampak bahwa populasi telah stabil pada angka sekitar 1,575 orang-orang.
 Permasalahan lingkungan utama Tokelau meliputi: overexploitation dari ikan tertentu dan sumber daya laut jenis lain, eksploitasi pasir pantai, eksploitasi sumber daya hutan (sekalipun hanya kecil); polusi dari lensa air tawar dari penjualan bahan-kimia dan masalah limbah buangan yang serius.

BacA jUgA iNi



Category:

0 comments:

Post a Comment